Memuat dan Menambahkan Custom Shapes

Memuat dan Menambahkan Custom Shapes

memuat, loading, menambahkan, daftar preset, gambar, belanajar photoshop, pemula,
Seperti pada postingan sebelumnya, dalam Photoshop sudah tersedia beberapa bentuk Shapes yang bisa kita gunakan seperti segi empat, ellips, dan poligon. Kali ini, kita khusus membahas masalah Custom Shapes di Photoshop. Dalam Photoshop, secara default sudah tersedia banyak bentuk selain ketiga bentuk tadi yang bisa kita gunakan untuk berkreasi yang termasuk ke dalam kelompok Custom shapes. Namun, Anda dapat menambahkan bentuh Shape yang lainnya jika belum disediakan oleh Photoshop. 

Ada ribuan bentuk shapes tersedia di internet yang dapat Anda download. Anda dapat mencarinya di search engine dengan menggunakan kata kunci "Photoshop", "Gratis" dan "Custom Shapes" dan Anda akan menemukan banyak sekali Custom Shapes. Anda dapat memilih dan memuat bentuk-bentuk Custom shapes tersebut ke daftar preset di Photoshop Anda.

Cara memuat Custom Shape (Sementara)

Jika Anda ingin menggunakan sebuah Custom shapes di Photoshop, maka Anda harus memuatnya terlebih dahulu di Photoshop sehingga dapat digunakan namun sifatnya sementar.  Berikut langkah-langkah untuk membuat sebuahCustom Shapes di Photoshop.
  1. Dari panel pop-up custom shape di Options bar, klik Submenu
  2. Pilih Load Shapes
  3. Cari dan pilih Shapes yang akan Anda tambahkan, ingat file harus berekstensi Csh.
  4. Klik OK
  5. Anda dapat memilih untuk me-replace (mengganti) shape yang sedang terbuka atau menambahkan bentuk baru di akhir daftar shapes yang lama.


Cara Menambahkan Custom Shapes di Presets

Untuk menyimpannya secara permanen, maka Anda harus menambahkannya ke dalam Presets. Caranya sebagai berikut:
  1. Buka folder Aplikasi Photoshop Anda terisntall.
  2. Buka folder Presets
  3. Buka folder Custom Shapes
  4. Copy file custom shapes ke dalam folder Custom Shpes. Pastikan file tidak terkompress misalnya dalam bentuk zip atau sit.
  5. Restart Photoshop, preset akan dimuat dalam submenu pada Custom Shapes Picke