Cara Mengatur Brush pada Panel Brush

Cara Mengatur Brush pada Panel Brush

brush panel, brush control, jitter, belajar photoshop, photoshop pemula
Untuk membuat brush lebih lebih natural, anda harus menyesuaikan Shape Dynamics. Pada bagian ini Anda dapat membuat variasi natural yang menjadikan brush terlihat realistis. Pengaturan Shape Dynamic menyesuaikan brush yang telah dipilih, oleh sebab itu pastikan Anda sudah memilih brush dari Brush Presets atau Brush Tips Shape.
Berikut beberapa pengaturan yang terdapat dalamShape Dynamic:

Size Jitter and Control

Anda dapat menentukan seberapa banyak porsi Photoshop dalam mensimulasikan Brush untuk menghasilkan vasiasi alami. Anda dapat menentukan ukuran total Jitter dari menu Control:
  • Off. Pilih Off jika Anda tidak ingin membatasi control teradap ukuran tanda kuas. Jitter acak.
  • Fade. Memungkinkan Brush menjadi buram (seperti kehabisan tinta/cat). Brush akan menjadi lebih buram berdasarkan jumlah langkah. Setiap langkah adalah satu tanda dari ujung kuas. Jika Anda mengatur angka 15, maka brush akan hilang dalam 15 langkah.
  • Pen pressure, pen tilt, stylush wheel, atau rotation. Anda dapat mengatur Photoshop untuk fitur seperti tekanan kuas dan sebagainya. Namun beberapa orang lebih suka menggunakan stylus pen atau tablet untuk melakukan ini.
  • Minimum diameter. Untuk menentukan seberapa banyak variasi besarnya brush. nilai 0% memungkinkan kita untuk memperkecil diameter hingga 0, sedangkan angka 25% untuk merubah ukuran brush seperempat dari ukuran sebelumnya.
  • Tilt scale. Mengatur besarnya kemiringan pena (stylus). Anda harus memiliki tablet grafis yang terhubung ke computer untuk menggunakan fitur ini.

Angle Jitter and Control

Untuk menentukan berapa banyak variasi sudut yang bisa dibuat. Nilai yang besar membuatnya lebih beragam. Pengaturan area ikatan untuk pena anda.

Roundness Jitter and Control

Memperkenalkan jitter untuk kebulatan dari Brush. Selain itu, anda dapat mengontrol jitter dengan sebuah pena