Ayam Betutu

Ayam Betutu

Masakan khas Bali ini memang menjadi jawara masakan pedas, menurut saya. Setiap kali mengunjungi Bali menggunakan mobil, saya akan mampir sebentar ke Gilimanuk untuk menikmati sensasi pedas dari Ayam Betutu.
Ya, Gilimanuk memang terkenal dengan Ayam Betutunya. Tepatnya di desa Melinggih, kecamatan Payangan, kabupaten Gianyar, Bali. Menurut para warga, masakan yang terkenal dengan rasa pedas ini sungguh menggiurkan, dan yang dapat menyajikan makanan  ini sehingga membuat banyak orang ketagihan ini adalah warung Men Tempeh.


Ayam Betutu akan tambah lengkap jika ditambah dengan kacang goreng, plecing kangkung, dan 2 sambal dengan jenis berbeda, 1 sambal bali dan 1 sambal terasi. Sambal bali adalah sambal yang dibuat dengan cara memotong bawang merah dan cabai yang diberi minyak dan garam. Sambal bali tidak dihaluskan seperti sambal pada umumnya.
Jika anda berpikir bahwa Ayam Betutu hanya masakan biasa, anda SALAH!! .Ayam Betutu bukan hanya makanan biasa, bagi masyarakat Bali, Ayam Betutu juga dipakai untuk kepentingan upacara adat dan keagamaan. 
Jadi tunggu apa lagi? Jika anda memang penasaran dengan sensasi pedas yang diberikan oleh Ayam Betutu, ayo coba sekarang!

Sumber: http://phebe-aboutev.blogspot.com/